12 tips memulai usaha baru sampai mendapatkan keuntungan


Seperti yang telah saya janjikan kemarin, di akun blog ini saya akan memberikan tips bagi anda yang baru ingin memulai berwirausaha agar usaha anda nantinya tidak berhenti ditengah jalan dan sukses meraih banyak keuntungan.

Bagaimana sih caranya untuk memulai berwirausaha?

Pertanyaan tersebut yang akan saya jawab di artikel ini

Langsung simak saja yaaa :)

Tips memulai berwirausaha saya bagi menjadi 12, berikut penjelasannya:

1.Yang paling utama anda harus memiliki persiapan dari dalam diri anda terlebih dahulu, seperti sugesti-sugesti yang baik tentang berwirausaha. Nyatanya menjadi pengusaha itu life calling (panggilan hidup) jadi jangan jadikan sebagai keterpaksaan. Anda juga harus memiliki komitmen kuat untuk segera memulai usaha.
2.Bermimpilah dan buat target untuk sukses. Target ini sangat penting karena dengan adanya target anda bisa memotivasi diri anda sendiri dan bersemangat dalam berbisnis.
3.Tentukan jenis bisnis yang akan anda mulai. Saran dari saya sebaiknya anda memulai bisnis tentang hobby dan kemampuan yang anda miliki saja. Pasti terasa lebih menyenangkan apabila hobby anda menghasilkan uang bukan? Selain itu apabila anda memulai bisnis sesuai hobby dan kemampuan anda tidak akan mudah merasa bosan dengan keadaan anda nantinya.
4.Tanamkan konsep pada diri anda bahwa kepuasan konsumen merupakan prioritas, bukan sebagai ladang profit semata, mau tidak mau konsumenlah yang nantinya akan menentukan apakah produk atau jasa yang anda jual layak dibeli atau tidak. Jadi apabila anda sudah menanamkan konsep bahwa kepuasan konsumen adalah prioritas maka konsumen juga akan stay menjadi partner yang akan terus membeli produk atau jasa yang anda jual.
5.Sesuaikan pasar tempat anda berwirausaha. Sebelum anda memulai usaha sebaiknya anda melakukan survey pasar, cari tahu dimana tempat yang memiliki kemungkinan besar untuk menjual produk yang anda buat.
6.Lakukan kolaborasi dengan partner usaha, misalkan anda memiliki teman lama yang menjadi pengusaha nah mintalah bantuan pada teman anda itu untuk berkolaborasi dengan usaha yang anda miliki. Hal ini akan meningkatkan efisiensi, efektifitas dan mempermudah usaha anda berkembang di pasaran.
7.Usaha yang kita buat harus terus belajar dan belajar. Belajar disini yang dimaksud adalah belajar melayani konsumen dengan baik dan membuat produk yang berkualitas. Belajar bisa berasal dari mna saja termasuk dari pesaing anda, dan jangan lupa untuk terus berinovasi dengan produk-produk anda. Nyatanya mayarakat sekarang mudah bosan apabila produk yang kita jual memiliki fitur yang itu-itu saja.
8.Buatlah list pesaing usaha anda. Maksudnya lakukan survey didaerah sekitar tempat anda memulai usaha produk lalu cari pengusaha yang menjual produk sama dengan anda. Kemudian pelajari hal ini:
#seperti apa produk yang memiliki banyak pembeli
#seberapa sering kurun waktu untuk membuat inovasi produk baru
#jam berapa produk yang memiliki banyak pembeli. Dalam hal ini jam juga berpengaruh karena kebanyakan orang membeli pada jam tersebut bisa anda contoh untuk menarik perhatian pembeli melihat-lihat produk anda
#harga, rasa dan kelengkapan lainnya (contoh apabila yang anda jual berupa produk makanan, produk dan jasa yang lain menyesuaikan)
Jangan pernah menganggap remeh pesaing anda, kalau anda lengah sedikit saja pesaing anda akan menjadikan anda sebagai batu loncatan mereka. Dan ingat pesaing juga bukan musuh anda melainkan orang nomor satu yang akan memotivasi anda untuk memjukan usaha anda.
9.Setelah anda melakukan tips yang ke delapan, anda harus introspeksi usaha. Dimana letak kekurangan dibanding pesaing-pesaing anda, kemudian buatlah produk yang memiliki kualitas hampir sama dengan pesaing anda namun harga yang anda ajukan harus lebih murah. Ingat anda masih pemula, jadi mau tidak mau anda harus bisa menguasai konsumen dahulu baru anda bisa mengepakkan sayap usaha anda lebih luas. Nah disini anda harus memiliki prinsip untung sedikit namun menjual produk yang banyak juga bakal menghasilkan untuk yang banyak kok (seperti itu).
10.Berjalannya waktu usaha anda pasti akan mendapatkan konsumen yang banyak. Jadi tips ke sepuluh yang harus anda lakukan adalah membuat visi dan misi dalam bisnis. Gambarkanlah seperti apa bisnis anda 3 atau 5 tahun kedepan. Tentunya anda tidak ingin bisnis anda berhenti ditengah jalan kan? Jadi anda harus bisa membuat gambaran bisnis anda beberapa tahun kedepan.
11.Setelah konsumen anda bertambah banyak dan anda mnginginkan menaikkan harga jual produk yang tadinya murah.hal yang harus anda lakukan adalah membuat differensiasi untuk produk anda. Jadikan bisnis anda berbeda dan lebih baik dari bisnis pesaing. Bagaimana caranya? Nanti akan post pada artikel saya selanjutnya. Tunggu yaaaa hehe
12.Yang terakhir ini hanya sebuah motivasi, jangan menyerah jika suatu ketika bisnis anda mengalami Kendal ajadiakan kendala tersebut sebagai batu loncatan untuk kesuksesan bisnis anda. Dan ingat, kesuksesan berhenti bukan karena anda gagal tetapi kesuksesan berhenti karena anda menyerah.

Itulah 12 tips memulai usaha dari saya semoga bermanfaat dan anda tidak ragu lagi untuk memulai usaha anda. Usaha yang sukses adalah usaha yang diwujudkan bukan direncanakan saja.

Terimakasih telah membaca…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli