Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli


Selamat sore calon orang sukses, artikel kali ini akan membahas apa itu pemasaran atau marketing. Banyak hal-hal yang rancu tentang pemasaran lalu apakah ada bedanya dengan jurusan perkuliahan marketing?

Artikel kali ini cocok dibaca untuk pelajar, mahasiswa ataupun bapak ibu yang sudah bekerja karena pengertian pemasaran atau marketing yang akan saya jelaskan disini bersifat umum dan tentunya bermafaat.

Banyak sekali pengertian mengenai pemasaran diluar sana, karena setiap orang memiliki pendapat masing-masing bukan? Kamu bisa saja mengartikan pemasaran menurut bahasamu sendiri. It’s okayy itu bukan hal yang buruk. Tapi disini saya ingin menjelaskan apa itu pemasaran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menurut buku pemasaran dasar oleh Joseph P. Canon, William D. Perreault, Jr dan E. Jarome McCarthy serta menurut beberapa ahli. Yuk simaaaaaaaaakkk ya (

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pemasaran adalah suatu proses, cara dan perbuatan untuk memasarkan suatu barang dagangan, dengan kata lain yaitu menyebarluaskan ditengah-tengah masyarakat.

Menurut buku pemasaran dasar oleh Joseph P. Canon, William D. Perreault, Jr dan E. Jarome McCarthy , pemasaran merupakan suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan.
Dalam perusahaan, tujuan utama pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Di perusahaan atau bisnis, marketing executives harus mampu melihat banyak aspek dalam beriklan, termasuk juga memprediksi lifespan sebuah produk.

1. John Westwood
Menurut John Westwood, pengertian pemasaran adalah sebuah usaha terpadu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/ laba kepada perusahaan.
Tung Dasem Waringin
Menurut Tung Desem Waringin, pengertian pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

2. Philip Kotler
Menurut Kotler, pengertian pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.

3. Jay Abraham
Menurut Jay Abraham, pengertian pemasaran adalah sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan peling baik kepada konsumen.

4. William J. Stanton
Menurut William J. Stanton, definisi pemasaran adalah sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen.

5. Hair dan Mc. Daniel
Menurut Hair dan Mc. Daniel, pengertian pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.

6. Basu dan Hani
Menurut Basu dan Hani, pengertian pemasaran adalah proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menurut buku pemasaran dasar oleh Joseph P. Canon, William D. Perreault, Jr dan E. Jarome McCarthy serta menurut beberapa ahli sudah cukup menjelaskan apa itu pemasaran kan teman-teman.. disini saya ingin menyimpulkan bahwa secara sederhana, definisi pemasaran lebih diidentikan dengan proses pengenalan produk atau servis kepada konsumen yang potensial.

Sekiaaaaaaaaaaaaannnnnnnnn ...

Sumber :
https://books.google.co.id/books?id=DRsfHVWMaNUC&pg=PT28&dq=pemasaran+adalah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjKl_m6jNfiAhUPfysKHa_nB8gQ6wEIKDAA#v=onepage&q=pemasaran%20adalah&f=false

https://jagokata.com/arti-kata/pemasaran.html

Komentar


  1. Tembak Ikan JOKER dengan Tingkat kemenanggan tertinggi mari bergabung bersama kami di Winning303
    Banyak Bonus menanti anda....

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli