Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli


Sebelum jauh anda melangkah untuk berwirausaha, sebaiknya anda paham dulu apa sih wirausaha itu?

Banyak pengertian tentang wirausaha tapi disini saya akan menjelaskan wirausaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan mengutip dari buku Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, Hendro, Penerbit Erlangga.

Nah langsung saja yaaaa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari wirausaha itu sama halnya dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai dalam hal produk baru baik dalam menentukan cara produksinya, menyusun operasi untuk pengadaan produknya, memasarkannya, serta mengatur pemodalan operasinya.

Didalam buku Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, Hendro, Penerbit Erlangga.
 Banyak pakar-pakar yang menjelaskan arti wirausaha. Berikut penjelasannya

Menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah seseorang yang mampu mengolah sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) serta mengubah tingkat produktivitasnya yang semula rendah menjadi lebih tinggi.

Menurut Richard Cantilon (1755), wirausaha adalah seorang individu dan penemu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

Menurut Dan Stein dan John F. Burgess (1993) wirausaha seseorang yang mampu mengelola, mengorganisasikan dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usha dan usaha baru.

Menurut Schumpeter (dalam bygrave, 1996), wirausaha adalah seorang yang memiliki peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk membuka suatu peluang secara mandiri dengan segala sumber daya yang ada untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi dari sebelumnya.

Memang banyak para ahli yang menjelaskan arti wirausaha tapi disini saya cukup mengambil 4 orang dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Karena bagi saya itu sudah cukup untuk saya membuat kesimpulan apa arti wirausaha sebenarnya, kalau kalian ingin berbagi apa arti wirausaha silahkan coment yaa nanti saya cantumkan di artikel saya ini terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli