Mengenal bisnis online - Internet Marketing vs Bisnis Online

Selamat pagi calon pebisnis sukses, Artikel kali ini saya akan membahas tentang bisnis online. Mulai dari pengenalan awal hingga perbedaan antara bisnis online dengan internet marketing.

Saya tertarik untuk membuat artikel ini karena saya tau bahwa 90% orang-orang gagal menjalankan bisnis online mereka karena tidak mengetahui hal penting dalam berbisnis online, dan dulu saya termasuk salah satunya. Berdasarkan pengalaman pribadi maka saya berniat membantu teman-taman untuk melancarkan bisnis online nya melalui artikel ini.

Bisnis online ini rata-rata dijalankan oleh kaum hawa, apalagi kalau tentang penjualan, dan saya yakin mereka hanya sekedar mencoba-coba keberuntungan tanpa mencari informasi mengenai bisnis online. Saya tidak menyalahkan, hanya saja disini saya menyarankan untuk lebih mengenal dahulu apa itu bisnis online sebelum memulainya.

Langsung saja yuk simak.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju memberikan angin segar  bagi pertumbuhan ekonomi. Semakin mudahnya jalur informasi mengakibatkan  pertumbuhan ekonomi semakin pesat.

Menjalankan bisnis tidak lagi mensyaratkan modal yang besar, namun usaha ini menuntut kelihaian dalam membaca peluang, kecerdasan dalam mengelola dana yang ada, serta kreativitas dalam memanfaatkan tenaga dan resources sumber daya yang ada. Ini adalah peluang yang besar bagi siapa saja untuk mulai memiliki penghasilan dengan memanfaatkan internet.

Maka mulai dikenal lah istilah Bisnis Online, bahkan kini semakin populer ditengah konsumen. Sebuah model bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana bekerja membangun dan mengelola bisnisnya.

Diantara Anda mungkin ada yang masih bertanya kenapa mencari penghasilan dari Internet, bukankah jika diamati sekilas lebih membutuhkan modal dan waktu dan biaya yang besar? Dan hasilnya juga tidak nyata, karena kita berkecimpung dalam dunia yang maya. Anggapan ini sangat keliru. Menjalankan bisnis online sama halnya seperti menjalankan bisnis biasa hanya media yang digunaknnya berbeda. Bisnis biasa menggunakan aset fisik ( toko) maka bisnis online menggunakan aset digital (website).

Internet Marketing vs Bisnis Online
Sebelum mulai berbisnis di internet sangat baik jika Anda mengetahui perbedaan antara Internet Marketing dengan Bisnis Online. Mengapa? Karena dua istilah ini, memiliki perbedaan, terutama dari bidang pembahasan didalamnya.

Internet Marketing


Adalah keilmuan dalam menjalankan bisnis di internet. Ini berdasarkan apa yang dibicarakan jika Anda mempelajari Internet Marketing. Seperti bagaimana mendapatkan ide berbisnis, menentukan niche bisnis, mempresentasikan ide dan niche dalam bentuk website bisnis, bagaimana menyusun rencana bisnis, dan bagaimana memaksimalkan bisnis di internet. Semua itu diterapakan dalam berbisnis di internet.

Bisnis Online


Adalah bentuk sebuah bisnis. Ini berdasarkan definisi dari bisnis online itu sendiri.Aktifitas atau pekerjaan yang dilakukan perseorangan/kelompok untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan jaringan internet.

JADI MANA YANG LEBIH PENTING ?
Keduanya Penting! Mempelajari Internet Marketing adalah salah satu upaya belajar untuk mendapatkan pemahaman untuk bisa mempraktikkan Bisnis Online dengan baik. Lebih jelasnya mari kita telaah bersama.

Konsep Dasar Internet Marketing
Sebagai sebuah konsep dasar menjalankan bisnis, Internet Marketing memiliki konsep yang mungkin menjadi hal yang dibakukan dalam menjalankan bisnis di internet, karena apapun model bisnis yang kita jalankan prinsip atau cara kerjanya hampir sama.

1. Membuat Konten atau Offering.

Membuat sebuah penawaran produk, misalnya artikel, news, posting blog, forum, dan lainnya.
2. Menampilkan Konten atau Offering pada Website.
Bisa website sendiri atau orang lain dengan cara tertentu sehingga target bisnis bisa tercapai. Misalnya agar pengunjung website mengklik iklan PCC atau membeli produk yang Anda tawarkan.
3. Mendatangkan Pengunjung atau Visitor
Dengan berbagai cara traffic generation. Sebuah bisnis hanya akan jadi hal yang sia-sia jika website Anda tidak ada pengunjungnya.

Inilah yang menjadi 3 konsep dasar Internet Marketing untuk menjalankan Bisnis Online. Apapun model bisnis online yang Anda tekuni prinsip utamanya sama yaitu 3 konsep dasar Internet Marketing ini. Dengan memahami 3 konsep ini tentunya Bisnis Online yang Anda kerjakan akan semakin mudah. Internet Marketing akan memberikan arahan sehingga Anda dalam berbisnis tidak asal jualan.

Inilah mengapa hanya 10% saja yang bisa berhasil dengan Bisnis Online nya karena sebagian besar ingin menjalankan Bisnis Online tetapi mengabaikan Internet Marketing.

Bisnis Online

Rahasia kesuksesan sebuah bisnis adalah Anda tahu bagaimana menjalankannya sesuai dengan metode jenis/tipe bisnis yang bisa dijalankan melalui internet. Seperti:
a. Business to Consumer (B2C)
Pihak penjual adalah suatu organisasi dan pihak pembeli adalah perorangan/pribadi.
b. Business to Business (B2B)
Pihak penjual dan pembeli adalah organisasi, membeli produk atau layanan untuk keperluan korporasi/perusahaan. Misalnya membeli ratusan seragam karyawan, puluhan ton besi untuk industri.
c. Consumer to Consumer (C2C)
Pihak perseorangan/pribadi menjual produk atau jasa keorang lain/pribadi.
d. Business to Employee (B2E)
Organisasi menggunakan e-commerce dalam internal perusahaan tertentu untuk memberikan layanan pada pegawainya.

Nah dimanakah Anda akan bergerak ? Produk yang Anda jual bisa produk milik sendiri atau sekedar memasarkan produk orang lain.

Yang paling penting adalah Anda memahami apa yang Anda jual dan tahu bagaimana memasarkannya. Anda bisa pasarkan apa saja di internet, baik produk fisik, digital/non-fisik, informasi, dan jasa.
Anda pun bisa menggabungkan metode bisnis diatas, misal Anda membeli produk secara pribadi untuk digunakan dalam perusahaan.

Dari mana saja Anda bisa menghasilkan uang dari internet?

Sebenarnya peluang menghasilkan dengan bisnis di internet sangat tidak terbatas. Setiap saat selalu hadir model/cara baru menghasilkan uang di internet. Misalnya:

  1.  Penghasilan dari sebuah blog atau web
  2.  Penghasilan dari menjual produk sendiri ataupun orang lain (Affiliate)
  3.  Penghasilan dari klik iklan
  4.  Penghasilan dari membaca email masuk
  5.  Penghasilan dari kerja resensi atau review produk
  6.  Penghasilan dari kerja membuat desain sesuatu
  7.  Penghasilan dari Upload file, dan masih banyak lagi.

Mengapa Harus Berbisnis Online?
Waktu Anda begitu berharga. Apakah Anda setiap hari online? Mengupdate status facebook? Twitteran? Punya website / blog pribadi? Akan menjadi lebih bermanfaat jika Anda merubahnya dari sekedar media hiburan menjadi aktifitas yang produktif.

Sampai kapan Anda akan membuang waktu, skill yang Anda miliki, komputer, laptop hanya menjadi alat untuk bermain game saja.

Kenapa tidak memanfaatkan waktu agar lebih berkualitas, bahkan menjadikannya sebagai modal untuk menghasilkan uang
Potensi Yang Dimiliki Bisnis Online

Kenapa memilih berbisnis di internet ? Ada beberapa alasan yang menjadikan model bisnis di internet/online memiliki potensi untuk menjadi sarana alternatif memiliki penghasilan.

 Bisnis Online itu mudah dan santai.Cukup dengan klik, ketik kalimat ini kalimat itu dan setelah itu selesailah sudah. Kita juga bisa mengerjakannya dengan sambil nonton TV, dengar music, sambil minum teh dan juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor dan terjebak mancet dijalan. Anda juga tidak akan dimarah-marahin si bos dan tidak perlu pakai jas dan dasi.
 Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bisnis online bisa dilakukan dimanapun, dan kapanpun bahkan relative kecil menyita waktu Anda dalam sehari. Anda bisa melakukannya dirumah, bahkan didekat Istri dan anak yang Anda cintai, juga bisa mengerjakannya di kafe sambil minum kopi atau ketika sedang liburan. Dan hanya membutuhkan beberapa jam bahkan beberapa menit saja.
 Modal yang kecil. Hanya membutuhkan komputer/laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet. Anda bisa memanfaatkan warnet di dekat rumah anda, atau kalau sudah punya komputer sendiri dan terkoneksi dengan internet itu jauh lebih bagus dan sangat menguntungkan bagi Anda.
 Tidak butuh surat lamaran dan Ijazah. Anda tidak membutuhkan surat lamaran dan ijazah untuk bergabung bisnis di internet. Anda juga tidak perlu keahlian skill komputer yang mendetail, cukup bisa caranya memakaimouse dan keyboard saja itu sudah menjadi modal buat Anda. Dan kami yakin bahwa Anda mempunyai kemampuan yang lebih dari itu.
 Pendapatan yang besar. Dengan bisnis online Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji seorang pegawai negeri (jika Anda menjalankan bisnis internet semaksimal mungkin dan fokus ke bisnis Internet saja). Tapi kenapa tidak, jika Anda akan mendapatkan ratusan hingga jutaan rupiah dalam sebulan hanya dengan bekerja dari rumah dan bahkan Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama Anda.
Mengelola bisnis internet/online juga tidak mensyaratkan Anda untuk menjadi seorang yang ahli atau jago dengan komputer, internet atau bahasa pemograman. Mengelola bisnis ini hanya mensyaratkan ketekunan Anda dalam belajar dan take action yang kontinyu.

Belajar dan jadilah ahli. Bukan untuk gaya tapi untuk menjadi orang yang bermanfaat.
- Jamil Azzaini, Trainer & Pengusaha -

Sekali lagi, semua itu adalah hasil dari proses belajar dan proses melakukan, sehingga menjadi ahlinya dan keberhasilan atas usaha memiliki penghasilan memang berhak Anda dapatkan.
Terimakasih, semoga bermanfaat

Komentar


  1. Tembak Ikan JOKER dengan Tingkat kemenanggan tertinggi mari bergabung bersama kami di Winning303
    Banyak Bonus menanti anda....

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli