9 rahasia cara memulai bisnis travel dari nol sampai sukses

Halooo, selamat siang calon bisnismen. Artikel kali ini saya ingin membahas tentang cara-cara berbisnis travel. Saya tertarik mengambil topik ini karena tadi pagi waktu di mobil saya mendengarkan radio dan radio tersebut berisi bahwa sekarang bisnis travel sangat marak peminatnya apalagi bagi kaum adam serta keuntungannya sangat menjanjikan.

Nah, mungkin bagi kalian yang ingin memulai bisnis travel tapi tidak tau caranya tidak tau memulainya dari mana atau bahkan tidak tau bisnis travel itu apa?

Tenang gaeesss, disini saya akan menjelaskan mengenai seluk beluk bisnis travel serta cara-cara memulainya, yuk simaakk

Apasih bisnis travel itu? Bisnis travel merupakan sebuah lembaga profit yang membantu seseorang dalam melaksanakan perjalanan dari satu satu daerah ke daerah lain dengan jarak tempuh tertentu. Salah seorang teman saya seringkali menggunakan jasa perusahaan travel. Dikarenakan sangat praktis, nyaman dan aman serta harga terjangkau dalam melakukan perjalanan hingga tiba di tempat tujuan.

Sekarang ini aktifitas jalan-jalan dan bepergian wisata dalam negeri hingga ke luar negeri merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Sehingga di Indonesia terus tumbuh para traveler dengan berbagai kelas dan karakter. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dari bisnis ini.

Apalagi usaha ini yang dapat dimulai dengan modal usaha yang kecil. Dan memulainya pun hanya memerlukan ketekunan dan kemampuan lobby yang cukup bagus serta pandai melihat peluang. Bagi kita yang tinggal di negara banyak tujuan wisata, berbisnis travel itu sangat menjanjikan. Indonesia salah satunya

Tertarik bukan?

Untuk cara memulainya silahkan baca dibawah ini…

1.Pilih Jenis Usaha Travel yang Ingin Anda Minati

Sebelum memulai berbisnis di jasa travel, Anda wajib menentukan jenis travel apa yang mau digeluti. Apakah tiket pesawat terbang, tiket bus atau kereta api, sewa kendaraan/mobil berikut sopirnya, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel/homestay atau vila dan sejenisnya, perjalanan ke destinasi pariwisata, serta lainnya.
Bila sudah memilih, maka Anda akan fokus dengan pilihan tersebut dan akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal yang diperluhan.

2. Buatlah Profil Usaha Anda

Setelah Anda menentukan jenis usaha travel yang akan diminati, buatlah profil usaha. Apasih tujuannya membuat profil? Begini, profil ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bisnis anda. Orang akan tertarik menggunakan jasa anda apabila mereka mengetahui segala perkara tentang jasa anda bukan?

3.Buatlah Ilustrasi Perjalanan Wisata yang Jadi Target Anda

Dalam hal ini usahakan anda membuat perjalanan yang menguntungkan pengguna dan keuntungan buat anda senidri pastinya, misalkan anda membuat ilustrasi perjalanan yang memiliki jarak antara tempat wisata tidak lebih dari 200 km dari lokasi anda. Kenapa? Karena ini sangat berpengaruh dengan biaya dan paket yang akan Anda buat nantinya. Kalau terlalu jauh pastinya anda juga membutuhkan uang lebih untuk menjemput konsumen anda.

4. Buatlah Brand yang Mudah Diingat

ini penting agar brand bisnis travel Anda mudah dikenali dan dihafal oleh orang. Jangan membuat nama yang terlalu sulit untuk diingat, karena semakin nama itu mudah diingat dan gampang diterima oleh banyak orang akan membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran

5. Daftarkan Merek Bisnis Travel Anda


Ini penting, karena bila Anda sudah capek-capek mengeluarkan ide untuk nama/brand dan logo bisnis travel, namun karena Anda tidak mendaftarkannya pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka Anda tidak memiliki kuasa secara hukum atas nama atau logo dari bisnis tersebut. Jika waktu-waktu ada orang menggunakan nama/logo itu, Anda tidak bisa menggugatnya meski sebenarnya Anda lah yang menciptakan pertama kalinya.

6. Perkenalkan Usaha Baru Anda

Cobalah untuk memperkenalkan usaha Anda dengan teman dan kerabat Anda. Cobalah meminta bantuan mereka bila ada kebutuhan untuk wisata, sehingga Anda akan jadi yang pertama dihubungi. Sebab, memperkenalkan usaha kita dari mulut ke mulut juga terbilang efektif.

Cara lain yaitu dengan mempromosikan usaha baru anda di internet, nyatanya 90% calon pelanggan anda pasti memiliki handphone yang canggih. Jadi buatlah mereka mengenal usaha anda melalui handphonenya.

7. Perluas Kerjasama Bisnis
misalkan anda memiliki teman lama yang menjadi pengusaha travel nah mintalah bantuan pada teman anda itu untuk berkolaborasi dengan usaha yang anda miliki. Hal ini akan meningkatkan efisiensi, efektifitas dan mempermudah usaha anda berkembang di pasaran.

8. Buatlah Differensiasi Bisnis Travel Anda Dengan Orang Lain
Hal ini sangat penting, karena apabila anda memiliki ciri khas tersendiri bisnis anda akan lebih mudah dikenal masyarakat. Untuk yang ingin tau cara membuat differensiasi komen saja yaa

9. Membuat Izin Usaha
Bila usaha travel Anda berangsur-angsur berkembang dengan baik dan besar. Jangan lupa untuk mempersiapkan mendaftarkan usaha Anda secara resmi. Jangan sampai usaha yang Anda rintis bermasalah dengan hukum yang ada di Tanah Air.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat dan ingat ”perencanaan hanya akan terus hidup di atas kertas jika anda  tidak mengambil keputusan untuk memulai”.

Komentar


  1. Tembak Ikan JOKER dengan Tingkat kemenanggan tertinggi mari bergabung bersama kami di Winning303
    Banyak Bonus menanti anda....

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli