Tips dan strategi ampuh untuk mengembangkan usaha menurut pakarnya

Hanya ada satu pertanyaan besar yang ada dipikiran seorang wirausaha yaitu “Bagaimana sih caranya biar usaha kita sukses?” anda pasti ingin mengetahui jawabannya. Sebelumnya jangan salah paham dulu disini saya membuat artikel cara mengembangkan biar usaha kita sukses. Logikanya berarti kita harus sudah memiliki usaha kan? Yap harus memiliki usaha dulu. Tapi jangan khawatir untuk kalian yang baru memiliki kemauan untuk berwirausaha tapi tidak tau cara mulainya dari mana, nanti saya akan membuat artikel mengenai hal tersebut, tunggu saja yaaaaaaa.

Disini saya akan berbagi informasi mengenai pertanyaan yang sudah saya jelaskan diatas.

Mulailah petualangan mecari ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan. Saya tahu mencari tips cara menjadi wirausaha yang sukses di Google maupun di forum komunitas banyaaaakkk sekali informasi yang tidak jelas. Parahnya lagi terkadang tips A dan tips B kerap bertentangan dan tidak ada jawaban yang pasti.

Pasti itu semua membuat kita bingung kan mana tips yang benar dan mana tips yang salah. Tapi bagaimana kalau aanda akan mendapatkan tips langsung dari pakar atau ahlinya? Dari mereka yang sudah sangat sukses dibidang wirausaha.

Untuk itulah saya membuat artikel ini karena saya sudah mendapat jawaban dari wawancara top 5 wirausaha terbaik Indonesia dengan 1 pertanyaan ini.

“apa strategi paling ampuh untuk mempercepat perkembangan wirausaha anda?”

Para wirausaha yang berpartisipasi:
1. R. Budi dan Michael Bambang Hartono
2. Eka Tjipta Widjaja
3. Anthony Salim
4. Susilo Wonowidjojo
5. Chairul Tanjung

Hasil wawancara top 10 pengusaha sukses Indonesia:


1. R. Budi dan Michael Bambang Hartono(PT. Djarum Indonesia)
R. Budi dan Michael Bambang Hartono adalah pebisnis sukses yang membangun kerajaan Djarum dan bisnis properti. Menurutnya cara paling ampuh mengembangkan bisnis rokoknya yaitu dengan terus memperbaiki strategi manajemen yang meliputi pelanggan, profesionalisme, organisasi yang terus belajar, satu keluarga dan tanggung jawab sosial.
-Pelanggan
Pelanggan tentunya memegang peranan penting dalam hal berwirausaha. Tanpa adanya pelanggan, tanpa adanya ketertarikan pelanggan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan maka usaha kita akan mengalami kemunduran atau bahkan bisa berhenti. Nah bapak Budi dan Bambang ini memberikan penjelasan mengenai suksesnya beliau itu dengan selalu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Dengan cara apa? Kita bisa dengan mengurangi harga produk, meskipun nanti keuntungan kita berkurang hal ini bisa diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dari jumlah penjualan. Intinya sedikit demi sedikit lama-lama bisa menjadi bukit, katanya.
-Profesionalisme
Professional dalam membangun usaha yang baik bisa dimulai dengan perekrutan karyawan/karyawati yang berpotensi atau misalkan anda baru memiliki usaha kecil-kecilan dan belum memiliki karyawan hal ini bisa dikembalikan pada diri anda sendiri yaitu membuat diri anda menjadi orang yang berpotensi untuk menjalankan bisnis anda. Maksudnya berpotensi yaitu memiliki sikap inovatif pada konsumen dan focus pada tujuan usaha kalian yaitu mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya.
-Organisasi Yang Terus Belajar
Setiap usaha atau organisasi pasti memiliki tigkat puncak dan bangkrutnya sendiri-sendiri, tidak ada seorang wirausaha sukses tanpa mengalami naik turun usahanya. Maka dari itu strategi ketiga dari bapak Budi dan Bambang ini memberikan penjelasan mengenai usaha itu harus selalu belajar meskipun kita sedang ada dipuncak-puncaknya karena kalau kita lalai sedikit saja itu bisa menjadi boomerang sendiri bagi usaha kita. Untuk cara menghadapi usaha yang gagal namun tidak tau cara bangkit lagi nanti saya post di artikel saya selanjutnya.
-Satu Keluarga
Strategi satu keluarga ini dimaksudkan oleh bapak Budi dan Bambang dengan kita tahu waktu, apabila sedang jam istirahat maka karyawan dan pihak atasan termasuk pak Budi dan Bambang ikut berbagi cerita dan bercanda gurau. Menurutnya ini merupakan salah satu cara untuk membuat kekompakan satu sam lain, nah kalau sudah kompak maka antar pihak pasti bekerja bersama-sama untuk memajukan bisnis yang mereka kerjakan.
-Inovatif
Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan solusi-solusi yang cemerlang, oleh sebab itu salah satu strategi untuk mengembangkan usaha yaitu memiliki sifat inovatif.
-Tanggung Jawab Sosial
Setelah semua strategi sudah berjalan maka strategi ampuh terakhir yaitu tanggung jawab sosial, bapak Budi dan Bambang akan memberikan perhatian kepada karyawanya misalkan pemberian hadiah, jaminan kesehatan, tunjangan, jaminan kecelakaan, jaminan pension dan lain sebagainya. Strategi ini diperuntukkan bagi usaha yang sudah memiliki karyawan. Untuk usaha yang belum memiliki karyawan bisa mengembangkan ushaanya dengan kelima strategi diatas.


2. Eka Tjipta Widjaja (Pendiri Sinar Mas Grup)
Sebelum Eka Tjipta Widjaja berbagi strategi ampuh untuk mengembangkan bisnis bapak ini memiliki prinsip yang patut dicontoh oleh kita “apapun kesulitan yang dihadapi, asalkan memiliki keinginan untuk melawan, pasti semua kesulitan bisa diatasi”. Dari prinsip yang dipegang Eka Tjipta Widjaja, beliau memberikan strategi sebagai berikut:
-Fokus kepuasan pelanggan
-Focus tujuan awal
-Focus kualitas produk
-Carilah pembeda antara produk anda dengan orang lain, untuk cara-cara membuat produk yang beda dengan orang lain akan saya post di artikel selanjutnya.
-Carilah daerah atau tempat yang sesuai dengan produk anda
-Jangan meremehkan pesaing
-Jangan lengah ketika anda sedang dipuncak


3. Anthony Salim (PT. Indofood Sukses Makmur)
-Mengetahui keinginan pelanggan
-Melihat kondisi pasar
-Buat usaha yang memiliki ciri khas
-Jangan takut memulai usaha
-Jangan takut bersaing
-Jangan takut mengambil resiko
-Persiapkan strategi manajemennya
-Memiliki rasa kekeluargaan antar karyawan



4. Susilo Wonowidjojo (PT Gudang Garam)
Menurut Susilo Wonowidjojo cara ampuh untuk mengembangkan usaha hanya ada dua hal penting yaitu:
-Mengedepankan kualitas
Yang paling penting untuk mengembangkan usaha yaitu kualitas karena dengan kualitas yang baik kuantitas juga akan ikut membaik. Bagi Susilo Wonowidjojo pelanggan atau masyarakat Indonesia sekarang sudah memiliki tingkat kepuasan yang tinggi sehingga satu-satunya cara yang bisa dilakukan pengusaha hanya memperbaiki kualitas produknya.
-Mengikuti modernisasi zaman
Zaman semakin berkembang, seorang pengusaha tentunya tidak hanya ingin sukses didaerahnya saja, kalau bisa mereka ingin mengepakkan sayap kesuksesannya ke Indonesia bahkan Internasional bukan? Nah strategi dari Susilo Wonowidjojo kita harus bisa mengikuti arus modernisasi yang sudah semakin berkembang ini.


5. Chairul Tanjung
Mungkin bagi kalian dari kelima pengusaha sukses yang telah saya jelaskan diatas yang paling popular ditelinga adalah yang satu ini, Chairul Tanjung. Orang yang kerap dipanggil “Si Anak Singkong” ini dalam menmbangun kerajaan usahanya sudah tidak bisa diragukan lagi, pengusaha yang membearkan Bank Mega, Trans Corp, dan Carrefour di Indonesia. Disini Chairul Tanjung berbagi tips dari kesuskesannya yaitu:
-Kerja keras
“seorang calon pengusaha sukses tidak boleh cengeng dan mudah menyerah”, tegas Chairul Tanjung. Dari secuil kalimat yang diucapkan Chairul Tanjung saya yakin anda pasti sudah mengerti maksud dari kerja keras bukah?
-Kerja cerdas
Selain kerja keras, seorang pengusaha sukses juga dituntut untuk bisa kerja cerdas. Sebab, ketika anda sudah memilih untuk terjun didunia entrepreneur maka secara tidak langsung anda juga dituntut untuk bisa membuat perencanaan yang baik, mengambil keputusan yang tepat, dan mengatasi semua kendala usaha dengan cerdas dengan kata lain inovatif.
-Kerja ikhlas
Ketika kerja keras dan kerja ikhlas sudah dilakukan dengan maksimal, maka strategi sukses yang terakhir adalah kerja ikhlas. Serahkan segala keputusan kepada yang Maha Kuasa. “Syukuri apa yang kita miliki jangan pernah berburuk sangka terhadap kuasa-Nya, maka Dia akan menambah segala nikmat-Nya kepada kita”. Pesan Chairul Tanjung kepada pengusaha untuk selalu mensyukuri keberhasilan yang mereka dapatkan meskipun terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, karena itu hanya masalah waktu. Suatu saat pasti bisa lebih dari apa yang diperoleh sekarang.

NB: bagi yang belum mengerti tiap point dari bapak Eka Tjipta Widjaja dan Anthony Salim silahkan comment ya nanti akan saya jawab satu per satu.
Itulah strategi untuk mengembangkan usaha dari beberapa pengusaha sukses Indonesia dan pastinya strategi ampuh diatas sudah teruji yaaa hehe, semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi problem yang sedang anda jalani.

Saran saya, jangan pernah ragu untuk memulai usaha anda dan jangan tunggu besok kalau anda bisa melakukannya sekarang. Karena menunda besok sama halnya menunda kesuksesan anda.

Oh ya satu lagi, pendapat dari pengusaha sukses diatas juga ada yang bertentangan ada yang bilang focus pelanggan ada yang bilang focus kualitas produk.
Mana yang benar?
Jawabannya kedua pendapat tersebut benar.
Tergantung dari individu yang menerima dan jenis usahanya saja.
Terimakasih sudah membaca :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli