5 cara memulai bisnis online sampai mengahasilkan keuntungan

Siapa sih yang tidak mengenal bisnis atau usaha online? Yapp usaha yang bisa dijalankan hanya dengan mengoperasikan handphone anda saja. Bisnis ini sangat cocok di gunakan untuk pelajar atau mahasiswa.

Membayangkan berjualan online itu menarik sekaligus menyeramkan. Menarik kalau usaha kita laku dipasaran dan menghasilkan untung yang banyak

Dan menyeramkan apabila usaha kita kalah dipasaran dengan kata lain tidak laku. Karena apabila kita mempelajari tentang bisnis online sudah lebih dari 90juta pengguna internet yang memanfaatkannya dengan berjualan online.

Disini saya membuat artikel 4 langkah untuk mulai berjualan online sampai berhasil mendapatkan pembeli dan untuk banyak.

Berikut panduannya..

Langkah 1
-belum tau mau jualan apa-
Ini masalah terbesar yang dialami seorang pebisnis.(kalau sudah punya ide lnjut ke langkah 2)
Bagi yang belum punya ide disini saya akan berbagi 10 ide untuk anda memulai bisnis online anda. Ini saya hanya mengambil 10 teratas saja untuk memudahkan anda memilih mau berbisnis apa.
1. pakaian(baju, celana, sepatu, tas, dress, hijab)
2. berjualan tanpa resiko yaitu menjadi dropshipper
Apasih dropshipper itu?

Dropshipper artinya kita berjualan tanpa memiliki stok. Ketika ada orang yang ingin membeli produk anda, anda cukup mengajukan orderan tersebut kepada orang ketiga (supplier). Dan merekalah nantinya yang akan langsung mengirimkan barang kepelanggan.

Kedengarannya menarik bukan?
Dengan menjadi dropshipper anda tidak punya resiko biaya dalam penjualan. Keuntungan-keuntungan lain juga bia anda dapatkan misalnya:
1.tidak butuh banyak modl unuk memulai
2.tidak butuh stok barang yang akan dijual
3.bisa dilakukan dari mana saja baik satu took maupun beberapa took
Namun disisi lain dropshipper juga memiliki kelemahan, misalnya:
1.keuntungan lebih kecil
2.tidak bisa memonito stok dipihak ketiga
3.kualitas tidak terkontrol. Nah disini saya menyarankan apabila ingin menjadi dropshipper lebih baik anda membeli 1 produk dulu dari took yang akan anda dropship kan, dari situ anda bisa mengetahui kualias produk yang ada ditoko itu.

3. mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate
Ada yang tidak tau penjualan produk affiliate itu apa?
Baik saya akan menjelaskannya.
Penjualan produk affiliate prosesnya seperti ini, kita mempromosikan atau merekomendasikan produk milik orang lain kemudian ketika ada yang membeli produk dari rekomended tersebut maka kita akan mendapatkan komisi.

Bedanya dengan dropshipper, kita hanya sebagai jembatan yang bertugas memproosikan kita tidak menjual produk jadi pembeli bisa langsung berhubungan dengan si penjual bukan anda. Keuntungannya dibanding dropshipper yaitu apabila ada konsumen yang prtes masalah kualitas atau yang lainnya kita tidak perlu ikut campur karena  konsumen langsung berhubungan dengan si penjual.

4.menjual informasi (buku, majalah, Koran)
5.menjadi guru dan membuka kurus online
6.menyediakan jasa desain grafis
7.menjual foto royalty-free
8.menjadi penyihir kata, penasaran komen saja ya wkwk
9.menjual jasa translator
10.menjual aplikasi atau software
Sudah tidak bingung lagi kan mau menjual apa..

Yuk lanjut ke langkah 2
-membangun pondasi website penjualan-

Maksud dari membangun pondasi website disini yaitu anda harus punya website sendiri jangan menumpang di rumah orang lain misalnya kaskus, OLX dan lain-lain. Tapi saya tidak melarang anda untuk bergabung di pasar online loh, saya hanya tidak ingin kalian terus menumpang di rumah orang lain dalam waktu jangka panjang. Karena kelemahan menampung ini sewaktu-waktu anda bisa ditutup dan sulit berkembang. Nah lebih baik anda membuat rumah sendiri kan? Ya meskipun membesarkannya membutuhkan waktu tapi anda bisa memanfaatkan marketplace dan social media untuk memperkenalkan website anda sendiri.

“Jangan bergantung 100% dengan pasar online, manfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda sendiri ”

Ingaat jangan menunda, segera lakukan langkah 2 karena menunda sedetik saja sama halnya anda menunda kesuksesan.

Langkah 3
-membangun pondasi sosial media-

Tujuan dari berjualan pasti untuk menarik pembeli agar menghasilkan untung yang banyak kan? Seperti yang sudah saya jelaskan di langkah 2, tahap selanjutnya untuk membesarkan website anda adalah dengan mempromosikan produk atau jasa yang anda jual. Memang tempat promosi tidak hanya di sosial media namun sosial media merupakan tempat promosi paling mudah anda cukup membuat akun baru pada Facebook, Instagram, BBM maupun Twitter.

Saya rasa tidak perlu menjelaskan terlalu panjang dalam hal ini karena ini pasti sudah tidak asing ditelinga dan sangat mudah untuk dilakukan. Kita masuk pada langkah 4 dan ini harus anda perhatikan betul karena sudah mulai ada tantangannya hehe

Langkah 4
-mendapatkan penjualan pertama-

Hal yang paling menantang dalam berjualan yaitu mendapatkan pelanggan pertama, kalau anda tidak bisa menjual maka usaha anda akan gagal.

Banyak factor yang menentukan keberhasilan penjualan produk seseorang misalnya, kualitas, harga dan pelayanan yang baik. Disini saya percaya anda pasti sudah memikirkan yang terbaik mengenai hal tersebut, tapi kenapa produk anda masih kurang laku dipasaran? Pertanyaan besar ini akan segera saya jawab.

Begini, sudah saya sebut lebih dari 90 juta orang didunia sudah melakukan bisnis online nah kemungkinan besar produk yang anda jual pasti mirip atau sama dengan yang orang lain jual, apalagi anda baru memulai sedangkan pesaing anda sudah punya nama dikalangannya. Solusinya bagaimana?

Dalam langkah ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan pembeli bagi anda yang baru merintis berjualan online.

Cara pertama adalah dengan SEO, tapi saya sarankan jangan hanya mengandalkan cara ini karena dengan SEO anda butuh waktu berbulan-bulan untuk mencapai halaman pertama di pencarian google. Banyak cara yang bisa anda tempuh selain mengandalkan SEO.

Cara kedua adalah bergabung di pasar online, seperti yang sudah saya jelaskan diatas “Jangan bergantung 100% dengan pasar online, manfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda sendiri ”
Buatlah pasar online ini sebagai ajang mempromosikan website anda saja.

Cara ketiga adalah buat konten dan distribusikan, tidak ada yang ragu bahwa sosial media merupakan tempat terbaik untuk mendatangkan pengunjung dengan cepat. Tapi banyak juga yang masih gagal, mengapa demikian?

Ini masalahnya, kebanyakan penjual langsung mempromosikan produk/jasanya saja.
Di internet itu ada 3 jenis orang: 1.mencari informasi
2.mencari hiburan
3.membeli produk atau jasa
Kalau anda langsung mempromosikan produk anda orang akan malas membaca difikirannya pasti ah tidak menarik. Solusinya anda harus bisa memilih kata untuk jenis orang 1 dan 2 yaitu membutuhkan informasi dan hiburan. Anda bisa membuat konten yang lucu misalnya atau anda cukup mengenalkan website anda sekilas biar nanti orang yang membaca juga menjadi pnasaran lalu membuka dan mencari tahu sendiri tentang website anda.

Cara keempat mulailah  bereksperimen dengan Facebook Ads dan Google AdWords, karena Facebook Ads dan Google AdWords merupakan 2 platform iklan digital terbesar saat ini, selain isinya yang besar kualitas pengunjung dari keduanya juga tinggi dan tepat sasaran. Bagi yang tidak tau caranya atau masih belum faham silahkan comment ya..

Cara kelima adalah dapatkan endorsement dari selebgram, caranya mudah anda cukup mencari akun instagram yang memiliki banyak followers lalu anda meminta tolong padanya untuk mempromosikan website atau tempat berjualan anda.

Cara keenam adalah dapatkan endorsement dari blogger.

Dan langkah terakhir adalah…
Langkah 5
-memperluas usaha, dari yang sekedar berjualan menjadi sebuah bisnis-
Menjual dengan berbisinis merupakan dua hal yang berbeda. Kalau berjualan mungkin hanya bertahan setahun dua tahun karena kita hanya fokus untuk menjual sedangkan berbisnis bisa bertahan selama-lamanya bahkan anda bisa mengepakkan sayap bisnis anda lebih luas, Karena kalau berbisnis kita tidak fokus untuk menjual saja tapi kita juga dokus bagaimana cara mempertahankan usaha kita kedepannya.

Caranya bagaimana supaya tidak hanya menjual tapi menjadi sebuah bisnis?
Cara pertama adalah lakukan content marketing. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi karena content marketing ini memegang peranan utama maka kita harus bisa membuat content marketing yang bermanfaat dan memenuhi 3 jenis orang di internet yaitu mencari informasi, mencari hiburan dan membeli produk atau jasa.

Cara kedua adalah lakukan list building dan email marketing, list building artinya mengumpulkan email dari calon customer sedangkan email marketing merupakan proses memasarkan dengan email sebagai medianya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian wirausaha menurut KBBI dan beberapa ahli

Pengertian pemasaran atau marketing menurut KBBI dan para ahli

Pengertian bisnis online menurut KBBI dan para ahli